LIMA TANTANGAN BIDANG PENDIDIKAN

Sumber: M. Samsuri (Kepala Biro Perencanaan Kemendikbud-Ristek)


1. EKOSISTEM SEKOLAH

Situasi sekarang

     Sekolah sebagai tugas

     Pimpinan sebagai pengatur

     Manajemen sekolah terlalu administratif

     Masih ada PAUD yg belum melibatkan orang tua

Arahan di masa depan

     Sekolah sebagai kegiatan yang menyenangkan

     Pimpinan memberikan pelayanan

     Manajemen sekolah yang kolaboratif dan kompeten

     Keselarasan pendidikan di rumah dan keluarga

 

2. GURU

Situasi sekarang

     Guru sebagai pelaksana kurikulum

     Guru sebagai sumber pengetahuan satu-satunya

     Pelatihan guru berdasarkan teori

     PAUD: Metode drilling & teacher-centered

Arahan di masa depan

     Guru sebagai pemilik dan pembuat kurikulum

     Guru sebagai fasilitator dari berbagai sumber pengetahuan

      Pelatihan guru berdasarkan praktik

      PAUD: Kompetensi meliputi pedagogik dan sosio emosional

 

3. PEDAGOGI

Situasi sekarang

      Siswa sebagai penerima pengetahuan

      Fokus kepada kegiatan tatap muka

      Pendekatan: Bermain vs Calistung

      Pengajaran berdasarkan pembagian umur

Arahan di masa depan

      Pembelajaran berorientasi pada siswa

      Pembelajaran memanfaatkan teknologi

      Pendekatan: Bermain adalah belajar, bermakna & sesuai konteks

      Pengajaran berdasarkan level kemampuan siswa

 

4. KURIKULUM

Situasi sekarang

      Perkembangan linear

      Kurikulum berdasarkan konten

      Fokus kepada kegiatan akademik

      Patahan antara kurikulum PAUD dan SD

      Pelatihan vokasi dipimpin oleh pemerintah

Arahan di masa depan

      Perkembangan fleksibel

      Kurikulum berdasarkan kompetensi

      Fokus kepada soft skill dan pengembangan karakter

      Transisi yang mulus dari PAUD ke SD

      Pelatihan vokasi dipimpin oleh industri

 

5. SISTEM PENILAIAN

Situasi sekarang

      Penilaian bersifat sumatif/menghukum/menghakimi

Arahan di masa depan

      Penilaian bersifat formatif/mendukung

 



Komentar