Sumber: M. Samsuri (Kepala Biro Perencanaan Kemendikbud-Ristek)
1. EKOSISTEM SEKOLAH
Situasi sekarang
• Sekolah
sebagai tugas
• Pimpinan
sebagai pengatur
• Manajemen
sekolah terlalu administratif
• Masih
ada PAUD yg belum melibatkan orang tua
Arahan di masa depan
• Sekolah sebagai kegiatan yang menyenangkan
• Pimpinan memberikan pelayanan
• Manajemen sekolah yang kolaboratif dan
kompeten
• Keselarasan pendidikan di rumah dan keluarga
2. GURU
Situasi sekarang
• Guru
sebagai pelaksana kurikulum
• Guru
sebagai sumber pengetahuan satu-satunya
• Pelatihan
guru berdasarkan teori
• PAUD: Metode
drilling & teacher-centered
Arahan di masa depan
• Guru sebagai pemilik dan pembuat kurikulum
• Guru sebagai fasilitator dari berbagai
sumber pengetahuan
• Pelatihan guru berdasarkan praktik
• PAUD: Kompetensi
meliputi pedagogik dan sosio emosional
3. PEDAGOGI
Situasi sekarang
• Siswa sebagai
penerima pengetahuan
• Fokus
kepada kegiatan tatap muka
•
Pendekatan:
Bermain vs Calistung
• Pengajaran
berdasarkan pembagian umur
Arahan di masa depan
• Pembelajaran
berorientasi pada siswa
• Pembelajaran memanfaatkan teknologi
• Pendekatan:
Bermain adalah belajar, bermakna & sesuai konteks
• Pengajaran berdasarkan level kemampuan siswa
4. KURIKULUM
Situasi sekarang
• Perkembangan
linear
• Kurikulum
berdasarkan konten
• Fokus
kepada kegiatan akademik
• Patahan antara
kurikulum PAUD dan SD
• Pelatihan
vokasi dipimpin oleh pemerintah
Arahan di masa depan
• Perkembangan fleksibel
• Kurikulum berdasarkan kompetensi
• Fokus kepada soft skill dan pengembangan karakter
• Transisi
yang mulus dari PAUD ke SD
• Pelatihan vokasi dipimpin oleh industri
5. SISTEM PENILAIAN
Situasi sekarang
• Penilaian
bersifat sumatif/menghukum/menghakimi
Arahan di masa depan
• Penilaian bersifat formatif/mendukung
Komentar
Posting Komentar